Selamat bergabung bersama blog Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor Kab Lombok Timur

Rabu, 08 Juni 2011

VISI dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.2. Visi

Mewujudkan Program Studi/Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pusat pembinaan dan pembelajaran di bidang PAI yang unggul di tingkat nasional dengan menghasilkan lulusan yang berdaya saing, profesional dan mandiri serta adaftif dengan perkembangan global.


1.3.  Misi

1.3.1. Menghantarkan mahasiswa Prodi/Jurusan PAI yang berdaya saing, profesional dan mandiri serta adaftif dengan perkembangan global.
1.3.2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang unggul bidang pendidikan agama Islam.
1.3.3. Mengembangkan keilmuan bidang pendidikan agama Islam melalui kegiatan penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
1.3.4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian dalam ranah Pendidikan Agama Islam


1.4. Tujuan

1.4.1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang yang berdaya saing, profesional dan mandiri serta adaftif dengan perkembangan global
1.4.2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai agama dan mampu mengimplementasikannya dalam pendidikan dan pengajaran.
1.4.3. Menghasilkan Sarjana yang mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam serta mencari pemecahannya.
1.4.4. Mewujudkan Sarjana pendidikan Agama Islam yang terampil, proaktif dan terbuka dalam menghadapi perkembangan masyarakat.

1. 5.  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

1.5.1. Sasaran dan strategi pencapaian dirancang sebagai berikut :
    Sasaran yang akan dicapai Prodi/Jurusan PAI adalah
a.      Peningkatan mutu dosen (tenaga pengajar)
b.      Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran
c.       Peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan
d.      Peningkatan mutu penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat
e.      Pengembangan dan pembakuan kurikulum sesuai dengan tuntutan masyarakat (stakeholder)

     1.5.2. Strategi pencapaian sasaran :
a.       Pemberian beasiswa kepada dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2/S3 di dalam maupun di luar negeri
b.      Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran dicapai pada tahun 2010-2015. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan.
c.       Mengikutsertakan tenaga pengajar pada pelatihan atau work shop yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.
d.      Peningkatan mutu penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dicapai pada tahun 2010-2015. Pencapaian sasaran ini dilakukan melalui kegiatan yang mendorong dosen untuk mendapatkan hibah/dana penelitian dan pelayanan/pengabdian masyarakat secara kompetitif di tingkat nasional.
e.       Mengadakan dan mengikuti loka karya, seminar, work shop tentang pengembangan dan pembakuan kurikulum sesuai dengan perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar